loading...

3 Do'a Malaikat Jibril dan Rasulullah Untuk Hamba Yang Durhaka

Berita Islam-Rasulullah SAW memiliki hubungan yg dekat dengan Malaikat Jibril. Jelas saja, isi Alquran di sampaikan pada Nabi lewat penghubung malaikat yg berjulukan Ruh al-Amin itu. Tiap-tiap ada wahyu, Malaikat ini senantiasa menghampiri Rasulullah.

tidak cuma isi Alquran yang disebut firman Allah.Dalam banyak kisah Nabi, Malaikat Jibril sering datang serta memberi pengetahuan pada Nabi. Selain itu, Ia juga temani Rasulullah saat momen Isra’ Mi’raj utk menjemput perintah Shalat.

Disuatu saat,Malaikat Jibril pernah datang pada Rasulullah seraya berdoa supaya tiga kelompok manusia di masukan kedalam neraka.Nyatanya,Rasul malah mengaminkannya. Lalu siapakah tiga orang yg disebut? ini infonya.

3 Do'a Malaikat Jibril dan Rasulullah Untuk Hamba Yang Durhaka

Dari Jabir bin ‘Abdillah rodhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tangga mimbar. Saat naik ketingkatan pertama, Beliau menyampaikan “Amin”. Lalu saat manaiki tingkatan ke-2, Beliau mengucapkan “Amin”.

Lalu saat menaiki tingkatan ketiga, Beliau menyampaikan “Amin”. Lalu sebagian shahabat Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ajukan pertanyaan, “Wahai Rosulullah,kami mendengar anda menyampaikan amin sebanyak tiga kali”. Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ketika saya menaiki tingkatan tangga pertama, (malaikat) Jibril shalallahu’alaihi wa sallam mendatangiku lalu berkata,
Celaka seseorang hamba yg ia menjumpai bln. Romadhan lalu Romadhan itu berlalu, serta hal itu tidak membuatnya diampuni”. Lalu saya mengucapkan “Amin”. Lalu Jibril berkata, “Celaka seseorang hamba yg ia merasakan ke-2 orang tuanya atau salah seseorang dari mereka (masihlah hidup) namun hal itu tidak memasukkannya dalam surga”.

Lalu saya menyampaikan “Amin”. Lalu Jibril berkata, “Celaka seseorang hamba yg saat (ia mendengar) aku dimaksud tetapi ia tidak bersholawat”.Lalu aku menyampaikan “Amin”.(al ‘Adabul Mufrod 644 (1/224) Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani menyampaikan, Shohih li Ghoirihi)

Berikut hal itu artinya kalau doa yg di sampaikan oleh Malaikat Jibril serta diaminkan oleh Rasulullah itu segera naik ke langit paling tinggi serta dikabulkan oleh Allah SWT.

Di bawah ini yaitu penjelasan dari ketiga doa itu.

1. Orang yg Merasakan Ramadhan Namun tidak Memperoleh Ampunan
Kelompok pertama yg diaminkan bakal masuk neraka oleh Malaikat Jibril serta Rasulullah yaitu mereka yg merasakan Ramadhan walau demikian tetap tidak memperoleh ampunan dari Allah. Seperti yg di ketahui sebenarnya Ramadhan yaitu bln. yg penuh barokah serta ampunan.

Allah SWT melipatgandakan semua pahala utk tiap-tiap amalan kebaikan yg kita kerjakan sepanjang bln. suci ini.Walau demikian beberapa orang yg bukan memakai saat yg mengagumkan ini utk lakukan amalan kebaikan. Berikut celakalah untuk orang yg demikian,sebab ia tidak berupaya utk memperoleh ampunan dari Allah serta selanjutnya terperosok kedalam api neraka.

2. Orang yg Mendengar Nama Rasulullah Tetapi tidak Bershalawat Kepadanya
Orang ke-2 yg termasuk juga kedalam doa yg diaminkan Malaikat Jibril serta Rasulullah utk masuk neraka yaitu mereka yg mendengar nama Rasulullah SAW dimaksud tetapi tidak bershalawat pada beliau.
Dari Abi Hurairah,ia berkata.telah bersabda Rasulullah SAW “Barang siapa yg berdusta atasku (yaitu atas namaku) dengan berniat mka sebaiknya ia mengambil tempat duduknya (yaitu rumahnya) di neraka”. (Hadits shahih di keluarkan oleh Imam Bukhari (1/36) serta Muslim (1/8) dan lain-lain)

3. Orang yg tidak Berbakti Pada Ke-2 Orangtuanya
Orang paling akhir yg masuk dalam doa malaikat Jibril yaitu mereka yg masih memiliki ibu serta ayah atau satu salah satunya tetapi tidak berbakti pada mereka. Berikut ia tidak bakal memperoleh surga yg dijanjikan oleh Allah SWT itu.
Seseorang sahabat dekat ajukan pertanyaan pada Rasulullah SAW, “Apakah hak-hak ibu ayah? ” Rasulullah SAW. menjawab, “Mereka yaitu jannahmu serta Jahannam-mu, Yaitu keridhaan mereka bakal mernbawamu ke surga, demikian sebaliknya kemurkaan mereka bakal menyeretmu ke neraka.

Berikutnya dijelaskan dalam hadits,“Apabila seseorang anak yg patuh lihat dengan perasaan kasih sayang serta cinta pada ke-2 ibu bapaknya,maka pahalanya yaitu sama juga dengan haji yg maqbul (di terima).

Sekianlah info tentang tiga orang yg diaminkan oleh Malaikat Jibril serta Rasulullah SAW utk masuk kedalam neraka lantaran amal perbuatan mereka yg bukan cocok dengan perintah-Nya.Mudah-mudahan kita bukanlah termasuk juga kelompok yg demikian. 

3 Do'a Malaikat Jibril dan Rasulullah Untuk Hamba Yang Durhaka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah