Kisah Ulama Aceh-Tgk.H.Hasan Kruengkale adalah nama seorang ulama yang hebat di Aceh. Beliau dilahirkan pada 15 Rajab pada tahun 1303 H (18 April 1886) sebagai tempat perlindungan di Meunasah Ketembu, perkampungan Sangeue, distrik Pidie setelah tiga belas tahun perang sengit di Aceh antara tentara kerajaan dan rakyat Aceh dengan tentara agresor Belanda (A.Hasyimy 1988). Tgk.H.Hasan Kruengkale dilahirkan di sana ketika orang tuanya pindah dari Kutaraja (Banda Aceh sekarang) dalam konteks mempertahankan gagasannya untuk memperjuangkan Islam dari cengkaman kolonialisme dari penjajahan Belanda.
Semasa berada di pengasingan, dia belajar pengetahuan agama asas secara langsung dari ibu bapanya sambil berpindah dari satu tempat ke tempat lain di kawasan pelarian. Dan setelah memiliki pengetahuan asas mengenai agama Islam yang memadai, bahasa Arab, sejarah Islam dan lain-lain, pada tahun 1906 Masehi, Tgk H.Hasan Kruengkalee yang telah menjadi remaja pergi ke Yan, Keudah - Malaysia untuk memperdalam pengetahuan yang telah dipelajari sebelum ini. Dia dihantar ke sana oleh ayahnya untuk meneruskan pendidikannya di Dayah Yan yang pada masa itu diketuai oleh Tgk.H.Muhammad Arsyad, seorang ulama besar yang berasal dari Kerajaan Aceh Darussalam. Tgk.H.Muhammad Arsyad adalah kawan bacaan ayahnya ketika berada di Lamnyong. Di samping itu, kepergiannya ke Keudah juga digalakkan oleh Teuku Raja Keumala dan Tgk Shaykh Ibrahim Lambhuk. Di sana dia memperdalam sains selama beberapa tahun.
Dayah Yan di Keudah telah lama menjadi pusat pendidikan Islam di Semenanjung Tanah Melayu. Sultan Kerajaan Aceh Darusssalam menghantar ulama besar di sana untuk menubuhkan dayah sebagai institusi pendidikan utama di kawasan Tanah Seberang. Setelah menamatkan pengajiannya di Dayah Yan, Tgk H.Hasan Kruengkalee yang mempunyai pengetahuan agama dan bahasa Arab yang cukup, dengan persetujuan guru pada tahun 1910 meninggalkan tanah suci untuk memenuhi H. Ibadat dan melanjutkan pendidikannya di pusat pendidikan Islam di Masjidil Haram di Makkah. Di sana dia belajar selama lima tahun, dan mereka yang menjadi guru beliau adalah ulama besar yang menjadi masjikh (profesor) di Masjidil Haram dan sangat terkenal di kota Mekah. Antara guru beliau ialah Shaykh Said Al-Yamani Umar bin Fadil, Shaykh Khalifah, Shaykh Said Abi Bakar Ad-Dimyaty dan Shaykh Yusuf An-Nabhany dan sebagainya.
Selepas belajar selama kira-kira enam tahun di Mekah, Tgk H.Hasan Kruengkalee kembali ke tanah airnya. Ketika kembali pada tahun 1916, beliau segera mengambil alih kepemimpinan Dayah Kruengkalee, yang belum diabaikan sejak perang dengan Belanda. Dengan semangat baru yang dihasilkan dari tahun pendidikan di Mekah dan didorong oleh jiwa mudanya Tgk.H.M.Hasan Kruengkalee membina Dayah. Dalam masa yang singkat, Dayah Kruengkalee telah menjadi pusat pengajian Islam terbesar di Aceh selari dengan nama besar lain seperti; Dayah Tanoh Abi, Dayah Lambirah, Dayah Rumpet, Dayah Jeureula, Dayah Indrapuri, Dayah Pante Geulima, Dayah Tiro dan Dayah Samalanga, (Shabri A, et al, Biografi ulama-XX Aceh Clerics, (Banda Aceh: 2007), ms 6).
Dalam perkembangan kemudian, Tgk H.Hasan Kruengkalee melalui Dayah yang dikelolanya telah berjaya menghasilkan banyak kader pendidik, pendidik, ulama dan pemimpin masyarakat yang telah banyak menyumbang kepada rakyat Aceh, sebagai panduan mereka dengan nilai-nilai agama, dan sebagai pemimpin komuniti atau sebagai perintah dalam jihad fisabilillah terhadap penceroboh Belanda pada masa itu. Sebagai institusi pendidikan Islam, Kruengkalee dayah pada dasarnya mempunyai lebih banyak peranan dibandingkan dengan institusi pendidikan formal lain seperti sekolah-sekolah yang ditubuhkan oleh pemerintah Belanda pada masa itu. Sekolah pada masa itu tidak dapat menjalankan tugas untuk menampung semua lapisan masyarakat, kerana peruntukan yang digariskan oleh penjajah Belanda yang membatasi peluang untuk menghadiri sekolah untuk masyarakat yang lebih luas berdasarkan kepentingan penjajah Belanda.
Mengikut rekod sejarah, kebanyakan ulama besar generasi tua di Aceh pada masa ini dicatat sebagai telah belajar dengannya. Mereka tersebar di seluruh Aceh untuk menjadi suar di bidang khazanah sains Islam. Antara ulama para pelajar Tgk H. Hasan Krueng Kalee, yang terkenal di wilayah masing-masing, antara lain dapat disebutkan: Tgk Ahmad Pante, ulama dan imam Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Tgk Hasan Keubok, ulemas dan Qadhi XXVI mukim di Aceh Besar, Tgk M. Saleh Lambhouk, ulama dan imam Masjid Banda Aceh Baiturrahman Raya, Tgk Abdul Jalil Bayu, ulama dan pemimpin Al-Huda Aceh Utara dayah, Tgk Sulaiaman Lhoksukon, ulama dan pendiri Lhoksukon dayah, Aceh Utara, Tgk M. Yusuf Peureulak ulama dan ketua Majlis Ulama Aceh Timur, Tgk Mahmud Simpang Ulim, ulama dan pendiri Dayah Simpang Ulim, Aceh Timur, Tgk H. Muda Waly Labuhan H. ulama dan ulama Darussalam, Labuhan Haji Aceh Selatan, Tgk Syeh Mud Blang Pidie, ulama dan pendiri dayah Blang Pidie, Aceh Selatan, Syeh Shihabuddin, ulama dan pengasas dayah Darussalam Medan, Sumatera Utara, Kolonel Nurdin, bekas Bupati Aceh Timur, yaitu anak angkatnya sendiri, Tgk Ishaq Lambaro Kaphee, ulama dan pendiri dayah Ulee Titie (F auziah, 1988). Pelajarnya umumnya mengikuti jejak guru mereka, menjadi ulama yang membuka dayah di tempat masing-masing hampir seluruh penjuru Nanggroe Aceh.
Di samping itu, selain memimpin Dayah Kruengkalee dan usahanya untuk mempersembahkan ulama Aceh kepada para nabi, ia juga merupakan salah seorang putra Aceh yang secara aktif berpartisipasi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, ia juga menjadi anggota dari konstituen Republik Indonesia dari Perti Islam. Tgk H.Hasan Kruengkalee juga mengeluarkan fatwa atas panggilan jihad fi sabilillah untuk melawan Belanda pada 15 Oktober 1945, dalam konteks membela Republik Indonesia yang ditangani oleh beberapa ulama Aceh lainnya, termasuk oleh Tgk H.Hasan Krueng Kalee, Daud Beureueh, Tgk Ja'far Lamjabat dan Tgk H. Ahmad Hasballah Indrapuri, empat ulama Aceh yang hebat yang mengeluarkan fatwa yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia adalah perang yang stabil dan jika ia mati, ia akan mati syahid. (Prof. A. Hasjmy, Freedom Fighters yang Menyokong Pancasila dan Menentang Komunisme, ms 448).
Rayuan jihad di atas, telah memindahkan rakyat untuk muncul di medan perang di tanah Aceh untuk memenangi kemerdekaan dan mempertahankannya. Dengan fatwa tersebut, rakyat Aceh telah berjuang selama bertahun-tahun dengan revolusi fisik, sehingga tanah Aceh bebas dari penjajahan Belanda. Mereka umumnya diperbadankan di bawah pelbagai organisasi perjuangan, contohnya Pusa, pemuda Pusa, kasyafatul Islam, Muhammaddiyah, Pemuda Muhammaddiyah, Perti, Permindo (Gerakan Pemuda Islam Indonesia), serta organisasi Islam lainnya. Lelaki muda yang telah dipupuk oleh iman mereka dan semangat jihad di madrasah dan dayah bersama rakyat Aceh yang lain telah bergabung dalam perjuangan untuk mempertahankan proklamasi kemerdekaan.
Pada masa itu, beliau juga menyediakan alat serba ada untuk menangani pemberontakan yang berlaku di beberapa tempat termasuk pemberontakan Bayu di Lhokseumawe pada tahun 1944 di Lhokseumawe, yang dipimpin oleh salah seorang muridnya iaitu Tgk Abdul Jalil Bayu dan pencerobohan Blang Bintang untuk melawan orang Jepang yang berada di Jepang menjelang kemerdekaan Indonesia, pemimpin itu sendiri. Semua pergerakan yang berlaku semasa zaman penjajahan Belanda dan pendudukan Jepun, terutamanya pemberontakan yang diketuai oleh para pelajarnya, ada pada cadangannya sendiri.
Tgk H.Hasan Kruengkalee juga sangat kuat dalam memegang prinsip-prinsip yang diajarkan melalui ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW untuk memupuk kader pendidikan, ulama dan pemimpin Islam yang bertanggung jawab untuk melaksanakan dakwah Islam dengan kebijaksanaan (kebijaksanaan), dan pelajaran yang dipelajari dan berhujah dengan cara yang terbaik. Pada tahun 2007, Isnin 7 Mai, bertepatan dengan 19 Rabbis Akhir 1438 H, forum peringkat tinggi para sarjana Aceh mengadakan pertemuan kedua di Masjid Agung Baiturrahman; pada pertemuan yang menyampaikan beratus-ratus ulemas Aceh menyimpulkan bahwa ada empat ulama Aceh yang telah mencapai tahap 'celatullah'. Empat ulama, masing-masing Shaykh Abdurrauf As-Singkili, Hamzah Fansuri, Tgk H. Muhammad Hasan Kruengkalee dan Tgk Shaykh H. Muhammad Waly Al-Khalidy atau lebih dikenali sebagai Tgk H Muda Waly. Turut hadir ialah Tgk Jamaluddin Waly, Tgk Natsir Waly, Abu Panton (Abu Ibrahim Panton), Ketua Syari'ah Islam Prof Al Yasa 'Abu Bakar' dan beratus-ratus ulama Aceh lainnya. Pada mesyuarat ini, Prof. Syahrizal Abbas dari IAIN Ar-Raniry Banda Aceh bertindak sebagai panduan program.
Dengan beberapa nota di atas, maka Tgk H.Hasan Kruengkalee dapat dikategorikan sebagai ulama utama di Aceh sepanjang masa, karena ia telah mempelopori sejak pemuda Islam di Aceh dengan memimpin lembaga pendidikan Islam terbesar dan paling terkenal di Aceh hingga dia meninggal dunia. Selain kedudukannya sebagai seorang ulama yang hebat di Aceh, pada waktu itu ia juga dikenal sebagai ulama di Mekah dengan gelar Syaikh Hasan Al-Falaqy (berdasarkan pengakuan para muridnya yang masih hidup). Beliau bukan sahaja menguasai sains agama, tetapi juga mahir dengan khazanah saintifik lain seperti astronomi, sejarah Islam dan sebagainya. Semasa di Mekah, beliau juga belajar doktor (perubatan), handasah (seni bina). Menurut Prof. A. Hasjmy, Tgk.H.Hasan Kruengkalee sangat ada dalam melakukan pembacaan, sebagai pengkhotbah, pembasmian bidaah dan khurafat dan sebagainya. Itulah tokoh sepintas lalu dia yang tahun lalu Dewan Pendidikan Daerah Aceh (MPD) memberinya gelar sebagai tokoh pendidikan Aceh.
Penulis adalah Pensyarah di DAIN Darul Ihsan Tgk.H.Kruengkalee, Darussalam-Aceh Besar dan Pelajar IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Salah seorang penulis Tgk.Haji Hasan Kruengkalee Biografi.