loading...

Inikah Pohon Zaqqum? Makanan Bagi Penduduk Neraka?

Zaqqum (bahasa Arab : زقوم‎) adalah pohon di neraka yg buahnya menjadi makanan para penghuni neraka.Menurut syariat Islam,jika pohon ini diletakkan di dunia,maka akan hancur bumi beserta isinya.Jika dimakan rasanya akan seperti kuningan yg dicairkan bahkan lebih buruk. Buah tersebut akan membakar wajah beserta organ dalam tubuh mereka.Penghuni neraka akan selalu lapar,mereka akan selalu tergesa-gesa kedasar neraka,utk memakan apapun yang dapat mereka temukan.Di dasar neraka ini mereka akan dipaksa memakan buah dari pohon zaqqum,bahkan sebelum disentuh pun,bibir mereka akan terbakar sehingga nampaklah gigi mereka.Tidak hanya itu,mereka akan menelan duri yg akan merobekkan kerongkongan setelah buah itu ditelan.Sebelum buah itu sampai keperut, buah itu akan membakar dan mengeluarkan isi perut.

Kota Thaif yg terletak 80 km dari Makkah dikabarkan tumbuh subur pohon 'Zaqqum',pohon yg di penuhi duri tajam dan besar..Kota ini di kelilingi oleh pegunungan yg dingin.

Berikut ini ayat-ayat di dalam al-Qur'an yg menceritakan mengenai pohon dan buah zaqqum,di antaranya adalah :

“ (Makanan surga) itukah hidangan yg lebih baik ataukah pohon zaqqum? Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yg zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yg ke luar dan dasar neraka yg menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan.Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu,maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu.Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yg bercampur dengan air yg sangat panas. (as-Shafaat 37 : 62- 67). ”


“ ... dan (ingatlah),ketika Kami wahyukan kepadamu:" Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia ",dan Kami tidak menjadikan mimpi yg telah Kami perlihatkan kepadamu,melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yg terkutuk dalam Al Quran,dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yg demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (al Israa 17 : 60). ”

“ Sesungguhnya pohon zaqqum itu,makanan orang yg banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yg mendidih di dalam perut,seperti mendidihnya air yg amat panas. (ad-Dhukan 44 : 43-46). ”

“ Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yg sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum,dan akan memenuhi perutmu dengannya. (al Waqi'aah 56 : 51-53).

Berikut foto pohon zaqqum yg tampak begitu menyeramkan dengan buah dan daun menyerupai dengan tengkorak manusia :

 Inikah Pohon Zaqqum? Makanan Bagi Penduduk Neraka?


Terlepas dari benar atau tidaknya kabar itu,rasanya mustahil apabila buah yg berasal dari pohon zaqqum.Sebab,Rasulullah Shallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
”Seandainya setitik dari zaqqum diteteskan di dunia niscaya akan menghancurkan kehidupan semua penghuninya.

Lalu bagaimana dengan keadaan orang yg menjadikan zaqqum sebagai makanannya? ” (HR At-Tirmidzi,Ibnu Majjah dalam sunannya, kitab Az-Zuhud,bab Shifat An Nar, 8/4325.)
Baca juga:Inilah Hukumnya Sholat Memakai Mukena Warna-Warni
Namun,yg pasti zaqqum adalah pohon di neraka yg buahnya menjadi makanan para penghuni neraka.

Inikah Pohon Zaqqum? Makanan Bagi Penduduk Neraka? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rahmi Fajri