loading...

Sejarah Syeikh Abdul Qadir Jailani

Makam Syeh Abdul Qodir Jaelani dan Kisah Hidupnya - Apa kabar sobat pembaca Dayahguci.blogspot.com semoga kabar Anda hari ini dalam keadaan sehat selali, karena kami disini juga dalam keadaan sehat walafiat, pada kesempatan kali ini kami akan menupas sejarah Syekh Abdul Qadir Jaelani dengan sedatail-detailnya yang kami tau.

Syekh Abdul Qadir Jaelani adalah tokoh dari agama islam yang sangat terkenal, kami sendiri juga sangat mengagumi beliau, konon ada juga yang bilang bahwa Syekh Abdul Qadir Jaelani di takuti oleh semua jin.

1. Kelahiran Syekh Abdul Qadir Jaelani

Syekh Abdul Qadir Jaelani juga di kenal dengan nama Abdul Al-Qadir Al-Gilani, beliau adalah seorang ulama yang sangat besar, ulama Fiqih yang sangat dihormati oleh semua orang terutama dari kalangan orang Muslim.

Bahkan beliau juga dianggap Wali dalam dunia Sufisme dan Tarekat, menurut dari sumber yang kami dapat beliau lahir pada hari rabu, tepatnya tgl 1 ramadan 470 H atau kurang lebih 1077 M.

Beliau dikenal juga dengan Ghaus-e-Azam di kalangan orang muslim Pakistan dan India.

2. Proses Belajar Syekh Abdul Qadir Jaelani

Konon pada saat beliau umur 18 tahun, Syekh Abdul Qadir Jaelani sudah melakukan perjalanan meninggalkan tanah kelahirannya untuk belajar lebih dalam mengenai ilmu agama islam, beliau belajar di Madrazah Nizhamiyah Bagdad, dan berguru atau belajar dengan para ulama yang sangat terkenal ditempat itu.

Antara lain adalah Abul Khatthat, Abul Husein al Farra, Ibnu Aqil, dan juga Abu Saad Al Muharrimiseim. dari belajar dengan para ulama besar itulah Syekh Abdul Qadir Jaelani berhasil menguasai ilmu Ushul.

Syekh Abdul Qadir Jaelani juga seorang imam Bermadzhab Hambali, sekaligus menjadi guru besar Madzhab, Syekh Abdul Qadir Jaelani adalah seorang alim yang meneruskan jalan para pendahulu soleh yang beraqidah, beliau sangat terkenal juga memiliki banyak karamah, namun ada juga yang menjelek-jelekkan beliau dengan berdusa atas nama beliau.

3. Murid Syekh Abdul Qadir Jaelani

Karena Syekh Abdul Qadir Jaelani juga dianggap walli allah bagi yang percaya, Syekh Abdul Qadir Jaelani mempunyai banyak murid, konon ada juga murid Syekh Abdul Qadir Jaelani yang bukan manusia melainkan makhluk gaib yaitu JIN.

Murid Syekh Abdul Qadir Jaelani yang terkenal cukup banyak antara lain Syekh Qudamah yang menyusun kitab Fiqih Al Mughni, Al Haridz Abdul Ghani yang juga menyusun kitab Umdatul Ahkam, kurang lebih hanya itu yang kami tau, jika Anda ingin mengenal nama murid Syekh Abdul Qadir Jaelani lebih banyak anda bisa mencarinya di google.com

4. Cerita Yang Berbeda

Ada yang menceritakan Syekh Abdul Qadir Jaelani tentang salah satu kisahnya yaitu, pada saat Syekh Abdul Qadir Jaelani menolong seseorang yang kehilangan putrinya karena diculik oleh bangsa jin.

Pada Suatu Ketika Syekh Abdul Qadir Jaelani sedang berdikir beliau di datangi orang yang ingin meminta tolong, orang itu menangis dan memohon untuk di temukan putrinya, sayangnya kami tidak mendapat informasi yang detail tentang nama orang tersabut.

Setelah orang itu menjelaskan magsud dan tujuannya, Syekh Abdul Qadir Jaelani paham jika putrinya diculik oleh bangsa jin, Syekh Abdul Qadir Jaelani segera miminta petunjuk kepada allah yang maha kuasa untuk di beri jalan menemkan putri orang trsbt.

Setelah Syekh Abdul Qadir Jaelani berhasil mendapat jawaban, beliau memberi syarat kepada orang trsbt untuk pergi pada saat malam hari ke bangunan tua yang sangat terkenal angker, dan sesampainya disana Syekh Abdul Qadir Jaelani menyuruh orang trsbt untuk membuat garis lingkaran dengan do'a yang sudah di berikan oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani,

Katanya jika ada bangsa jin yang melintas melewati garis tersebut jin itu akan menampakan wujud aslinya, pada saat itu orng trsbt harus berani berbicara dan bertanya tentang putrinya, dan jika kamu bertemu dengan jin yang membangkang jawablah bahwa kamu aku utus dan panggil namaku, (ucap Syekh Abdul Qadir Jaelani) setelah orang trsbt memberanikan diri melakukan syarat yang di berikan oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani, yang datang adalah Raja jin dengan para pengikutnya, dan terjadi percakapan singkat.

Hai kalian para jin, aku mau bertanya siapa diantara kalian yang menculik putriku dan dimana dia sekarang.? ucap orang trsbt, mendengar pertanyaan orang itu raja jin bingung dan malah membangkang kepada orang itu.

apa magsudmu.? jika memang bawahanku yang menculik km mw apa.? jawab raja jin, orang itu menjawab aku datang kesini di utus oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani, dan dengan magsut untuk meminta kembali putri yang kalian culik.

Mendengar bahwa orang trsbt adalah utusan Syekh Abdul Qadir Jaelani Raja jin akhirnya mengutus bawahannya untuk mencari jin yang menculik putri trsbt, tak lama kemudian putri yang di cari orng trsbt muncul dengan tiba-tiba, ternyata yang menculik adalah jin dari cina yang suka usil kepada manusia.

Pecakapan itu berakhir dengan damai dan putri orang trsbt di temukan, orang itu selalu berterimakasih kepada Syekh Abdul Qadir Jaelani karena sudah menjadi perantara dari petunjuk allah yang mahakuasa,

5. Wafatnya Syekh Abdul Qadir Jaelani

Sangat banyak kisah tentang Syekh Abdul Qadir Jaelani dalam versi yang berbeda, konon beliau juga menghabiskan waktu 25 tahun untuk mengembara dan belajar di Padang Pasir Luas Iraq dan disebut juga sebagai pengembara Sufi.

Beliau juga memimpin Ribath dan Madrazah yang berada didaerah Baghdad yang konon didirikan Sejak tahun 521 Hijriah. dan beliau wafat pada tahun 561 Hijriah / 1166 Masehi, kepemimpinan beliau di madrasah tersebut di gantikan oleh Abdul Wahab.

6. Alamat Makam Syekh Abdul Qadir Jaelani

Makam Syekh Abdul Qadir Jaelani berada di Madrasahnya sendiri, dan para orang yang melayat dari pemakaman Syekh Abdul Qadir Jaelani sangat banyak, mulai dari para murid yang dari madrasah tersebut, adalah juga para pengikut, para warga dan ulama lainya, yang tak taerhitung jumlahnya.

Sangat banyak sejarah tentang kehidupan beliau, semasa hidupnya Syekh Abdul Qadir Jaelani juga menulis beberapa yang cukup banyak, namun hanya cerita itu saja yang kami tau jika kalian ingin mengetahui apa saja kitab yang di tulis Syekh Abdul Qadir Jaelani silakan kalian bisa mencarinya di google.com.

https://dayahguci.blogspot.com/2017/09/sejarah-syeikh-abdul-qadir-ailani.html

Itulah tadi artikel Makam Syeh Abdul Qodir Jaelani dan Kisah Hidupnya, sekian saja pertemuan kita hari ini, pada pertemuan berikutnya kami akan menceritakan syekh lainya yang juga terkenal, dan seperti biasa jika ada kesalahan kata, nama, dan kejadian kami mohon maaf, jika Anda menyukai artikel ini silakan share ke teman-teman Anda, terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa.

Sejarah Syeikh Abdul Qadir Jailani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rahmi Fajri