loading...

Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh)


Batee Iliek adalah nama sebuah sungai yang berlokasi di sebelah selatan kecamatan Sama Langa. Tempat ini telah menjadi objek wisata terkenal sejak awal 90-an. Hingga hari ini ratusan orang berkunjung tiap akhir pekannya, terutama pada hari-hari akhir sekolah sehabis ujian atau memasuki masa liburan sekolah maka akan banyak sekali anak-anak sekolah yang tumpah ruah, baik dari Samalanga sendiri ataupun juga dari luar Samalanga.

Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh)
Batee Iliek sendiri berasal dari kata batee yang berarti batu, dan iliek yang berarti mengalir, jadi dapat diartikan Batee Iliek adalah sekumpulan batu-batu yang mengalir. Ada juga pendapat yang mengatakan kalau iliek itu berasal dari kata leu'ik yang berarti becek, tapi sedikit yang menyepakatinya.
Sejak awal 2007 kawasan objek wisata Batee Iliek telah dipercantik dengan mendirikan warung-warung yang berjejer rapi di sepanjang tepi sungai, membuat pengunjung dapat dengan mudah menikmati keindahan panorama air sungai,
Bateei iliek, itu adalah Tempat wisata lokal aceh yang banyak dikunjungingi banyak orang, mulai dari bapak-bapak/ibu-ibu,remaja,anak-anak,pokoknya semuanya ada, sampee anak TK juga berkunjung kesana, mulai dari tukang rujak sampai tukang parkir mengambil rezeki disana..batee iliek orang menyebutnya..
Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh)
Melihat dari sebutan namanya, mungkin sahabat-sahabat yang bukan dari aceh,akan bingung,macam mana tempat ini.
Sebenarnya, batee iliek yaitu objek wisata sungai, yang mempunyai batu batu besar, air yang sejuk,'dingin jernih yang akan membuat pendatangnya ketagihan untuk selalu disungai,sungai batee iliek disebut oleh warga masyarakat samalanga kabupaten bireun aceh. Dimana sungai batei iliek selain sebagai tempat wisata, air sungai yang jernih dan sejuk ini juga dialiri ke sawah warga dan juga menjadi sumber air masyarakat kecamatan samalanga bireun.  batei iliek sebagai sumber air untuk keperluan mandi, dan kebutuhan lainnya..
Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh)
  Sungai batei iliek,nama tidak jarang di dengar oleh warga Aceh khususnya, dan Sumatera Utara sebagai provinsi Tetangga sebelah timur pada umumnya, karena tiap hari libur dan hari hari besar krueng batei iliek selalu ramai pengunjung yang menjapai ribuan pendatang, ada orang yang hanya ingin mengabadikan keindahan batei iliek, ada juga yang ingin mandi sejuknya air krueng batei iliek dan ada juga yang ingin menikmati sejuknya air gunung yang dialiri di krueng batei iliek..
Bagi yang belum pernah kesana masyarakat aceh, rasanya belum mantap berwisata ke Aceh, lokasinya juga sebagai pembatas 2 kabupaten pemekaran,kab. Bireun sebagai pemerakan Aceh Utara dan kab. Pidie jaya pemekaran kabupaten pidie, secara geografis terletak di KM 156 dari Banda Aceh tepatnya di Kec. Samalanga Bireun.,saya pernah beberapa kali ke batei iliek,tempatnya sangat indah karna kebersihannya,orang-orang juga ramah,semua orang senang berada dibatei iliek,tempat yang sejuk,dingiin,kalau datang ke batei iliek jangan lupa mandi ya,:D
Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh)

Tempat Wisata Batei Iliek(Aceh) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah