KUPIAH meukeutop adalah ikon Kabupaten Aceh Barat. Topi tradisional Aceh ini biasanya digunakan sebagai pelengkap pakaian tradisional yang dipakai oleh lelaki. Digunakan semasa upacara tradisional dan upacara lain.
"Bentuk asas kupiah adalah seperti ini, satu jenis. Sama seperti helang sebagai simbol negara, bagaimana ia dapat diubah, ”kata Nurdin, penyedia perkhidmatan lorong dan pakaian tradisional Aceh di Meulaboh, Aceh Barat. Dia berumur 55 tahun. Di antara pakaian tradisional Aceh yang disewanya, salah satunya adalah meukeutop kupiah.
Nurdin mengakui bahawa barang yang disewanya diimport dari Banda Aceh. "Di Meulaboh tidak ada yang membuat kupiah meukeutop," katanya sambil menunjukkan paparan pakaian tradisional di kedainya yang mempunyai tiga pintu.
KUPIU MEUKEUTOP diperbuat daripada kain berwarna merah dan kuning. Kain ini dikait bersama, dalam bentuk bulatan. Tepi bawah kupiah, terdapat motif anyaman yang digabungkan dengan hitam, hijau, merah dan kuning. Anyaman serupa dijumpai di tengah, yang dibatasi oleh bulatan kain hijau di atas dan kain hitam di bawah.
Di bahagian bawah lingkaran kepala, ada motif yang lebih dominan, dalam bentuk "lam" dalam huruf hijaiyah. Namun, ada garis yang menghubungkan bahagian bawah dan atas motif. Motif yang sama juga terdapat pada bulatan kepala atas. Saiznya lebih kecil. Di bahagian paling atas, terdapat benang putih yang mengait sebagai pangkal mahkota kuning keemasan, setinggi tiga tingkat.
Warna yang digunakan mempunyai makna tersendiri. Merah melambangkan kepahlawanan, kuning bermaksud kerajaan atau negara, hijau menandakan agama, hitam bermaksud keteguhan atau kesungguhan, sementara putih bermaksud kesucian atau ketulusan.
Secara keseluruhan, meukeutop kupiah terbahagi kepada empat bahagian. Sama seperti warna, setiap bahagian ini juga mempunyai makna tersendiri. Bahagian pertama bermaksud hukum, bahagian kedua bermaksud adat, bahagian ketiga bermaksud kanun dan bahagian keempat bermaksud reusam.
Bentuk dan motif kupiah meukeutop umumnya sama. Cuma warna kain songket untuk membungkus lingkaran Kupiah berbeza. Biasanya disesuaikan dengan warna songket pada pakaian.
"Untuk pakaian kuning songket, biasanya songket di Kupiah juga berwarna kuning. Sekiranya hijau ada pada pakaian, hijau adalah cawan, ”kata Nurdin.
Untuk mencantikkannya, selain songket, meukeutop kupiah dihiasi dengan pernak-pernik Aceh. "Sekarang, seseorang telah menambahkan kalung di bahagian depan. Ia hanya untuk mencantikkannya, "katanya.
Bagi masyarakat Aceh, kuntung meukeutop tidak hanya berharga dari segi adat, tetapi juga penuh dengan nilai sejarah. Menurut sejarah, meukeutop kupiah lebih sinonim dengan topi besar yang sering dipakai oleh Teuku Umar, pahlawan nasional dari Aceh.
Teuku Umar dilahirkan di Meulaboh, 1854. Dia meninggal 11 Februari 1899, dalam pertempuran dengan tentera Belanda di Meulaboh. Di lokasi di mana Teuku Umar ditembak, di Pantai Batu Putih, Suak Ujong Kalak, sebuah monumen dibina sebagai monumen bersejarah di Aceh Barat. Tugu ini lebih dikenali sebagai KUPIAH MEUKEUTOP.
Ketika tsunami melanda Aceh, 26 Disember 2004, monumen ini juga terbawa banjir. Selama masa rekonstruksi Aceh pasca bencana, monumen ini dibina semula dengan kedudukan sedikit di darat. Lokasi monumen ini sebelumnya telah menjadi laut.
Tidak ada sumber sejarah yang pasti yang menjelaskan kapan atau siapa yang pertama kali menggunakan meukeutop kupiah. Jika dilihat dari foto pahlawan dari Aceh, Teuku Umar bukan satu-satunya yang memakai kupiah. Panglima Polem (1845-1879), juga menggunakan perkara yang sama. Bahkan kupiah yang digunakan oleh Sultan Muhammad Daud Syah dan Panglima Polem, lebih mirip dengan kupiah meukeutop sekarang. Baik dari bentuk dan motif.
"Dari sumber bacaan yang ada, saya belum menemui secara terperinci mengenai kupiah meukeutop ini," kata T.A. Sakti, tokoh budaya dan sejarah masyarakat Aceh.
Bahkan, menurutnya, Aceh memiliki pakaian resmi yang berbeda dari pakaian yang selalu dipakai oleh pejabat dan pemimpin tradisional dalam acara resmi di Aceh selama ini. Sekiranya bahan pakaian tradisional digunakan sekarang; "meukeutob kupiah" dipakai di kepala, sementara "versi lain" adalah kupiah Aceh dan file tangkulok Aceh. Hiasan yang tersangkut di pinggang juga bukan sekadar rencong, tetapi juga keris, siwah, badik dan rachuh.
"Rujukan saya adalah buku" Tazkirah Thabaqat "salinan Teungku Di Mulek pada tahun 1270 H, yang manuskrip asalnya ditulis pada zaman Sultan Mahmud Al-Qahar pada abad ke-16 Masihi," jelasnya. Manuskrip "Tazkirah Thabaqat," ia selesai menyalin ke dalam huruf Latin, yang pada awalnya ditulis dalam Bahasa Arab Arab / Jawoe.
Dia yakin, pakaian Aceh versi ini dapat digunakan kembali hari ini untuk memperkaya variasi pakaian tradisional Aceh yang ada. Selama Kerajaan Aceh Darussalam, pakaian ini dipakai ketika seseorang hendak menghadap Sultan Aceh di Istana Darud Dunia. Baik warga Aceh maupun orang asing diharuskan memakai pakaian Aceh ini jika ingin menghadap Sultan.
“Jika tak ada milik sendiri, seseorang boleh meminjam pada Balai Baitur Rijal atau Balai Darul Atsar yang berada di depan pintu gerbang istana,” terangnya.
Kitab “Tazkirah Thabaqat” ini tertulis dalam bahasa Melayu yang tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia sekarang. Salah satu kutipan dalam kitab tersebut tentang Pakaian Aceh adalah “dan demikian lagi Adat Kerajaan Sultan Aceh, yaitu apabila orang-orang yang masuk ke Dalam Darud Dunia: hendak menghadap Paduka Sri Baginda Sultan Aceh: walau siapapun sekalipun, yaitu orang Aceh sendiri, atau orang asing, maka tidak dibolehkan dia menghadap Sultan dengan memakai pakaian sendiri. Melainkan yang dibolehkan dia memakai pakaian sendiri ialah orang ‘Arab dan ‘Alim ulama, tetapi tidak dibolehkan memakai warna kuning dan warna hijau.
Sementara yang lain, waktu menghadap Sultan diwajibkan memakai pakaian Aceh. Di antaranya adalah Kupiah Aceh, Tengkuloek Aceh berkasab, baju Aceh berkasab, berkain selimpang dari kanan ke kiri memakainya berkasab, seluar berkasab, kain pinggang berkasab. Memakai rencong atau keris atau siwah atau badik atau rachuh yang berhulu suasa atau perak atau emas dan barang sebagainya, di depan sebelah kanan.
Meski latar belakang kemunculan kupiah meukeutop masih belum jelas, namun topi adat Aceh ini telah menjadi ikon budaya dan sejarah yang begitu melekat dengan masyarakat Aceh.
Saat ini kupiah meukeutop telah mampu menunjukkan kekhasan Aceh pada dunia. Bentuknya yang unik dan indah, membuat kupiah meukeutop ini sering dijadikan souvenir yang menarik. Kopiah Meukutop ini hampir dapat ditemukan di tiap kabupaten dan kota di Aceh, kecuali untuk daerah-daerah tertentu yang pakaian adatnya berbeda. ( Sumber/ Penulis : Cerana.net/ Nurdin Mulieng)