Kita mesti memulai penjelaskannya dengan menyebutkan hakikat definisi.Karena tidak boleh menjadikannya sebab untuk mengetahui yang lain namun kita tidak mengetahui dirinya (terlebih dahulu).Oleh karena itu bahwa had atau definisi adalah sesuatu yg didefinisikan dengan adanyanya pembatasan (tahshir) dan mencakup segala sesuatu serta menghalangi sesuatu yang lain untuk memasukinya dan keluar darinya.1 Ada satu pendapat yang mengatakan bahwa had (definisi) adalah qaulun wajizun jamiun maniun artinya perkataan yang ringkas,menyeluruh namun terbatas.Menurut pendapat lain had adalah sesuatu yang didefinisikan berbeda dengan yang lainnya.Pendapat yg lain lagi mengatakan bahwa had adalah syarhu al ismi al musamma,“menjelaskan nama dan yg telah bernama”.Satu pendapat mengatakan bahwa had atau definisi adalah sesuatu tema yang jelas dari sisi global (ijmal) kepada terang dan transpran,menjelaskan yg musytarak,mengungkap keraguan dan samar.
Had atau definisi dapat dibagi kepada lughowi (etimologi),syar’i (terminologi) dan aqli (rasionalitas).Had al lughowi adalah menjelaskan yg didefinisikan (mahdud) dari sisi bahasa dan nama yg popular.Had al syar’i adalah menisbahkan informasi yg benar dan apa yg dikehendakinya dan dijadikan definisi itu dari sisi hukum.Had al aqli adalah diambil dari hakikat sesuatu,substansi dan wujudnya.Seperti kita mengatakan tentang definisi al hamdu lillah (al fatihah) apabila kita ditanya dari sisi bahasa lalu kita katakana :al hamdu (al fatihah) adalah sesuatu yg tidak sah shalat kecuali dengannya.Demikian pula tentang had al aqli apabila kita ditanya,kita akan mengatakan had aqli adalah sesuatu yg apabila kita memperhatikan berkenaan yg Qadim yaitu yg dibicarakan pada masa azali. Lalu kita katakan, terpuji-Nya atas diri-Nya sendiri.Ilmu-Nya (diketahui) dengan keagungan dan ketinggian-Nya.Apabila kita perhatikan tentang al muhdas (sesuatu yg baru lawan qodim) adalah sesuatu yg berharap, tunduk, membutuhkan kepada pemberi nikmat (Allah) lalu berusaha untuk melakukannya.
Yg dimaksud dengan had bil jumlah adalah menjelaskan sesuatu yg tersusun (al murakkab) bukan yg sesuatu yg luas (basith),yaitu perkataan yg susunannya tersusun namun terbatas (murakkab takyid) lalu menjelaskan makna yg ditunjukkannya itu (madlul) dengan nama sesuatu yg dibangun oleh makna itu.Sedangkan Rasm adalah perkataan yg susunannya susunan terbatas dengan syarat makna yg ditunjukkannya itu bukan dari nama yg dibangunnya (dikandungnya) bahkan bukan dari keadaannya.atau hal bil jumlah adalah sesuatu yg bangunannya dari maknanya itu sendiri. Seperti kata dinding (hait) adalah nama yg menunjukkan kepada makna yg mungkin dapat dijelaskan menjadi dua arti.Pertama.Dinding adalah materi bangunan yg terbuat dari batu bata dan tanah untuk menyanggah atap.Kedua,materi yang dapat menutup pintu dan mempunyai tiang pancang ke tanah.Demikianlah segala sesuatu selalu mempunyai dua makna, murakkat dan basith. Murakkab diketahui hakikatnya anda mengetahui sesuatu yg menyusunnya. Sedangkan al Basith diketahui hakikatya apabila anda mengetahui sifat yg dikandungnya.Contoh sesuatu yg murakab, apabila anda ditanya tentang thin (tanah),maka dikatakan,tanah adalah campuran air dan turob (tanah).Oleh karena itu analogi (qiyas) diperlukan dalam menjawab segala sesuatu.Anda mesti menyebut sesuatu dari sisi murakkabnya.Adapun sesuatu yg basith yg tidak tersusun,maka maknanya diketahui apabila anda mengetahui sifat yg melekat padanya yaitu maushufnya (yg disifatinya).Contoh lain,apabila anda ditanya apa hakikat hayula? Maka anda akan menjawab, hayula adalah jauhar (substansi) yg luas lawan dari bentuk, Maka defines tersusun dari jins (bentuk) dan fasl (rincian).Seperti apabila anda katakana, manusia adalah hewan yg berpikir (berbicara).Dan Rasm tersusun dari jins (bentuk) dan kekhususannya (khash) seperti anda katakana manusia adalah hewan yang tertawa dan menulis.Rams yg sempurna adalah perkataan yg tersusun dari bentuk sesuatu dan elemen yg lazim padanya hingga sama dengan hakikat itu.Rasm mutlak adalah perkataan mengetahui sesuatu secara definitive bukan zatnya tetapi kekhusasannya.Atau perkataan yang membedakan sesuatu dari selainnya tapi bukan dari sisi zatnya.
Baca Juga:Kumpulan Tips Untuk Kehidupan Sehari-hari Anda
1.Definisi adalah sesuatu iyang mempunyai batasan tertentu namun mencakup beberapa cakupan yang dengan demikian menghalangi sesuatu yg lain untuk memasukinya dan keluar darinya.
ADS HERE !!!