loading...

4 Manfaat Potong Kuku Bagi Kesehatan

Siapa yg tidak pernah melakukan kegiatan yg satu ini? Kegiatan membersihkan kuku ini sepertinya menjadi kebiasaan yg pasti akan dilakukan semua orang,Terutama ketika kuku yg kita miliki terlalu panjang.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata di balik kebiasaan kita yg sangat sederhana ini ada beberapa manfaat kesehatan yg penting? Berikut adalah manfaat potong kuku bagi kesehatan :



1. Menghindari kuku tumbuh ke dalam
Kuku tumbuh ke dalam atau yg sering disebut dengan onychocryptosis bisa terjadi ketika Anda memiliki kebiasaan untuk tidak memotong kuku Anda secara teratur.Ketika kuku Anda terlalu besar maka kuku anda tersebut akan cenderung untuk menembus kulit yg bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak,dan infeksi pada kulit anda.

2. Mengurangi infeksi bakteri pada kulit
Apakah Anda seorang yg sering menggunakan alas kaki tertutup? Kebiasaan memakai alas kaki yg tertutup ini memicu kuku Anda sulit untuk bernapas dan bisa menyebabkan munculnya bakteri – bakteri yg berbahaya bagi kulit.Jadi cobalah untuk selalu menjaga kebersihan kuku dan usahakan memotongnya secara teratur.

3. Menjaga selalu kebersihan kuku
Memotong kuku secara teratur akan memberikan kesan penampilan yg bersih.Selain itu kuku yg dipotong juga mampu menyingkirkan bakteri jahat bernama Tinea.Bakteri ini dapat menyebabkan kutu air,ruam– ruam merah pada kuku,dan bisa membuat kuku menjadi berwarna kuning. Sehingga potonglah kuku Anda secara teratur untuk menyingkirkan bakteri ini.

4. Mengurangi risiko cedera karena kuku panjang
Pernah mengalami kuku yg patah atau kuku yg terbentur oleh benda keras? Hal tersebut tentunya sakit sekali.Terkadang ketika kuku Anda terlalu panjang maka akan timbul cedera seperti tercakar atau cedera saat kuku Anda membentur benda keras.Hal tersebut bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan tanda berwarna gelap di dalam kuku.Sehingga untuk menghindarinya sebaiknya potong kuku Anda.

Walaupun memotong kuku adalah suatu hal yg sangatlah sepele dan sering diabaikan tapi sebenarnya hal ini sangatlah bermanfaat dan banyak keuntungannya.Selain menjaga kuku tetap selalu bersih dan menghindari hal yg tidak diinginkan seperti cedera karena benturan dengan memotong kuku kita juga mengurangi tempat bakteri untuk berkembang biak.Jadi jangan pernah lupakan kebiasaan yg satu ini ya!
Baca juga:

  1. Makanan Ini Mengandung Cacing Anda Harus Masak Sampai Matang
  2. Sejarah Duka Umat Islam Rohingya
  3. Kisah Perang Aceh Yang Menyedihkan Bagi Bangsa Belanda
  4. Kisah Nyata Istri Selingkuh Karena Facebook Dan Berzina
Demikianlah Semoga Bermanfaat untuk Semua Pembaca.Terima kasih

4 Manfaat Potong Kuku Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rahmi Fajri