loading...

Bagaimanakah Keadaan Ruh Setelah Manusia Meninggal Dunia

Keadaan Ruh Setelah Manusia Meninggal Dunia

Apakah Kalian mengetahui bagaimana kondisi ruh kita jika telah meninggal dunia nanti? Apa saja yg akan dilakukan Oleh ruh? Apakah dia akan bagaikan orang yg hidup di dunia? Wallahu Alam.

Namun agar kita mengetahuinya,1400 tahun silam Rasulullah SAW telah banyak menerangkan pada kita tentang hal-hal yg berkaitan dengan ruh.


http://dayahguci.blogspot.com/2015/11/bagaimanakah-keadaan-ruh-setelah.html

Berikut ini penjelasannya berdasarkan hadist-hadist Nabi.


" 1. Allah menjadikan ruh mereka dalam bentuk seperti burung berwarna kehijauan.Mereka mendatangi sungai-sungai Surga,makan dari buah-buahannya,dan tinggal di dalam kindil (lampu) dari emas di bawah naungan 'Arasy".(HR. Ahmad, Abu Daud dan Hakim) .


2. " Tidak seorang pun melewati kuburan saudaranya yg mukmin yg dia kenal selama hidup di dunia,lalu orang yg lewat itu mengucapkan salam untuknya,kecuali dia mengetahuinya dan menjawab salamnya itu " (HR.Abdul Bar dari Ibnu Abbas di dslam kitab Al-Istidzkar dan At-Tamhid) .


3. Orang yg telah meninggal saling kunjung mengunjungi antara yg satu dengan yang lainnya "


" Ummu Hani bertanya kepada Rasulullah SAW : Apakah kita akan saling mengunjungi jika kita telah mati, dan saling melihat satu dengan yang lainnya wahai Rasulullah SAW?

Rasulullah SAW menjawab,Ruh akan menjadi seperti burung yg terbang,bergelantungan di sebuah pohon,sampai jika datang hari kiamat,setiap roh akan masuk ke dalam jasadnya masing-masing " (HR. Ahmad dan Thabrani) .


" 4.Orang yg telah meninggal merasa senang kepada orang yg menziarahinya,dan merasa sedih kepada orang yg tidak menziarahinya "


Nabi SAW bersabda : " Tidak seorang pun yg mengunjungi kuburan saudaranya dan duduk di kepalanya (untuk mendoakannya) kecuali dia merasa bahagia dan menemaninya hingga dia berdiri meninggalkan kuburan itu " (HR.Ibnu Abu Dunya dari Aisyah dalam kitab Al-Qubur)


" 5. Orang yg telah meninggal mengetahui keadaan dan perbuatan orang yg masih hidup,bahkan mereka merasakan sedih atas perbuatan dosa orang yg masih hidup dari kalangan keluarganya dan merasa gembira atas amal shaleh mereka ".


Hal ini sesuai berdasarkan sabda Nabi SAW :


a. Sesungguhnya perbuatan kalian diperlihatkan kepada karib kerabat dan keluarga kalian yg telah meninggal dunia.Jika.. perbuatan.. kalian baik, maka mereka mendapatkan kabar gembira, namun jika selain dari pada itu,maka mereka berkata :Ya Allah,janganlah engkau matikan mereka sampai Engkau memberikan hidayah kepada mereka seperti engkau memberikan hidayah kepada kami " (HR. Ahmad dalam musnadnya)


b. " Seluruh amal perbuatan akan dilaporkan kepada Allah SWT pada hari Senin dan Kamis,dan diperlihatkan kepada orang tua pada hari jumat.Mereka merasa gembira dengan perbuatan baik orang-orang yg masih hidup,wajah mereka menjadi tambah bersinar terang.Maka bertaqwalah kalian kepada Allah dan janganlah kalian menyakiti orang-orang yg telah meninggal dunia ". (HR. Tirmidzi dalam kitab Nawadirul.Ushul)


" 5. Orang yg beriman akan hudup di dalam surga bersama anak cucu dan keturunan mereka yg sholih ".


Hal ini telah dijelaskan Allah SWT dalam Q.S. Ath Thur : 21," Dan orang-orang yg beriman, dan yg anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan,Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka,dan Kami tiada mengurangi sedikit pun dari pahala amal mereka.Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yg dikerjakannya ".Demikianlah semoga bermanfaat.

Baca juga:

  1.  7 Hal Yang paling Ditakuti Manusia
  2. Manfaat Dan Kegunaan semut Jepang
  3. Fakta Unik Tentang Ikan Pari

Sumber : sunnahsunni.blogspot.com

Bagaimanakah Keadaan Ruh Setelah Manusia Meninggal Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah