loading...

Tempat Wisata Disabang

 TEMPAT-TEMPAT WISATA DI PULAU SABANG

Tempat Wisata Disabang

Luas wilayah Kawasan Sabang yaitu 39.375 Ha
(Singapura : 67.400 Ha/P.Batam : 41.500 Ha) dengan batasan wilayah sebelah utara dengan Teluk Benggala, sebelah selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah timur dengan Selat Malaka, dan sebelah barat dengan Samudera Hindia.Letak Daerah Sabang yang strategis sebab berada pada jalur lalu lintas perdagangan (International Shipping Line) dan penerbangan internasional menjadikan posisinya begitu sentral sebagai pintu gerbang arus masuk investasi, barang dan jasa dari dalam dan luar negeri. Didukung juga dengan pengerjaan Terusan Kra (Canal Kra) di Thailand, dapat memposisikan Sabang sebagai Buffer Zone bagi kapal-kapal container atau kapal-kapal kargo lain yang melalui Selat Melaka dan Samudera Hindia.


Keadaan geografis Kawasan Sabang yang menarik dan khusus ini membuat posisinya begitu penting sebab dapat menjadi pintu gerbang arus masuk investasi, barang dan jasa dari luar negeri. Selain Daerah itu dapat juga difungsikan sebagai sentral pengembangan industri padat-teknologi yang dapat memberikan manfaat di masa depan dan untuk mengembangkan industri, serta dapat pula berfungsi sebagai tempat pengumpulan dan penyaluran hasil produksi dari dan ke seluruh wilayah Indonesia serta negara-negara lain.


Peranan Sabang dalam peta pelayaran regional terkait dengan posisinya yaitu menjadi hub dari negaranegara SAARC (seperti India, Pakistan, Bangladesh, Afghanistan dan lainnya), negara-negara ASEAN (Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunai Darussalam, Papua Nugini, Vietnam dan Myanmar), negara ASIA TIMUR (seperti Jepang, Korea, RRC-Hongkong dan Taiwan), serta Australia, Selandia baru dan Polynesia.


Secara regional geografis posisi Sabang sangat strategis di jalur pelayaran dari Asia Selatan menuju Asia Timur dan Australia.Demikian untuk perdagangan internasional Sabang merupakan persimpangan jalur distribusi barang dari benua Eropa dan Afrika menuju Benua Amerika dan Australia demikian juga sebaliknya. Letak geografis Sabang kalau ditinjau dari kepentingan Nasional, Sabang merupakan titik paling barat dari negara ini yang berbatasan dengan negara-negara Asia Selatan sehingga posisi Sabang dapat berfungsi sebagai pintu masuk bagi aktifitas perdagangan internasional di Indonesia bagian Barat.


Sabang mempunyai banyak daerah tujuan wisata terutama wisata alam. Dalam Master Plan Kawasan Sabang 2007 – 2021 telah ditetapkan daerah wisata yang akan dijadikan prioritas dalam pengembangan Kawasan Pariwisata Sabang dalam jangka waktu 5 tahun yang akan datang adalah daerah wisata bahari di Iboih dan Gapang. Seterusnya dikembangkan Kawasan Internasional Resort di Gua Sarang Kampung Paya, Revitalisasi Kota Lama Sabang dan pembangunan wisata bahari di Pantai Nipah (P. Nasi). Kawasan wisata Iboih dan Gapang yaitu daerah tujuan wisata bahari yang menyajikan panorama alam bawah laut yang sangat indah.Keindahan ini dapat dinikmati dengan menyelam ataupun dengan menaiki perahu dengan dasar kaca yang telah tersedia disana. Eksplorasi panorama alam bawah laut di Iboih dan Gapang dapat diteruskan hingga ke P. Rubiah.Dari pemandangan alam bawah laut, potensi wisata yang dapat dikelola dari Iboih dan Gapang adalah wisata memancing (game fishing). Potensi wisata ini merupakan peluang untuk unik kunjungan wisatawan dunia dengan semua fasilitas berskala internasional.saya pernah kesabang dan tinggal disabang selama dua bulan,di daerah ujong kareung,kecamatan ie meulee

Kemudian berikut ini obyek wisata alam (nature tourist attraction) di Daerah Sabang
-Taman Laut Pulau Rubiah
-Pantai Iboih
-Pantai Gapang
-Pantai Paradiso
-Pantai Tapak Gajah
-Pantai Nipah, Pulo Aceh
-Atraksi Alam Lumba-lumba
-Atraksi Alam Ikan Pari
-Pantai Pasir Putih Lhung Angen
Tempat Wisata Disabang
-Danau Aneuk Laot
-Air Terjun Pria Laot
-Air Panas Gunung Merapi Jaboi
-Air Panas Keuneukai
-Tugu KM “0”
Tempat Wisata Disabang
Tempat Wisata Disabang

Tempat Wisata Disabang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah